089644277608 sms 089644277608 089644277608 52786C4B

Hal-Hal yang Seharusnya Anda Tahu tentang Baju Senam

pakaian senamSenam adalah salah satu kegiatan olahraga yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang peduli dengan kesehatannya. Tak hanya dilakukan untuk tujuan kesehatan saja, karena nyatanya banyak juga yang dilakukannya demi menjaga bentuk tubuhnya. Kegemaran melakukan senam ini juga didukung oleh banyaknya jenis senam yang bisa dilakukan baik oleh pria maupun wanita, sehingga kita pun bisa dengan leluasa memilih jenis senam apapun yang kita sukai. Pada saat melakukan senam seperti ini, pastinya kita perlu yang namanya baju senam. Memang kenapa kok kita disarankan untuk menggunakan baju atau yang bisa kita sebut juga dengan pakaian senam saat hendak melakukan olahraga yang satu ini?

Jawabannya adalah tentu saja karena baju senam ini bisa meningkatkan kenyamanan Anda saat melakukan gerakan senam. Selain itu, jika Anda memilih baju yang benar-benar tepat, maka manfaat dari kegiatan senam ini akan lebih terasa. Biasanya memang baju tersebut didesain agak ketat, namun ini dilakukan bukan tanpa tujuan loh, melainkan memang supaya tubuh bisa lebih lekas panas, sehingga otot juga akan lebih rileks. Selain itu, karena baju ini juga dibuat dari bahan khusus, maka saat Anda berkeringat pun keringat tersebut akan lekas terserap sehingga keringat Anda tidak berlebihan. Jika demikian, apakah kita tidak boleh menggunakan baju biasa untuk senam? Sebenarnya boleh, hanya saja tidak mudah bagi kita untuk menemukan baju yang sesuai untuk digunakan senam.

Lalu, apakah bentuk baju senam hanya itu-itu saja? Jangan salah, sekarang model baju senam sudah berkembang sehingga sehingga Anda tetap bisa berolahraga dengan penampilan yang stylish. Harga baju senam yang banyak beredar di pasaran juga sangat terjangkau. Namun, jangan dulu tergiur dengan harga baju senam murah ya, karena setidaknya Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini saat hendak membelinya, antara lain:

  1. Pilihlah Ukuran Baju yang Pas

Sekalipun di atas sudah disebutkan bahwa baju senam biasa didesain agak ketat, namun ini bukan berarti Anda disarankan untuk memilih baju senam yang ketat sa loh. Yang benar itu adalah pilihlah baju senam yang pas. Artinya, pilihlah baju senam yang tidak terlalu ketat di tubuh Anda, juga tidak terlalu longgar. Jika Anda memilih baju yang terlalu ketat, ini bisa membuat otot Anda menjadi susah bernafas dan tubuh Anda menjadi cedera, tetapi jika Anda memilih baju yang terlalu longgar, ini juga tidak akan nyaman karena bisa menghambat gerakan senam Anda. Jadi, sekali lagi, pilih baju senam yang pas, yang paling nyaman untuk Anda gunakan. Jika memungkinkan, pilih baju yang ukurannya elastis yang bisa mengikuti ukuran tubuh Anda.

Masalah ukuran ini tampaknya tidak akan menjadi masalah bila Anda membelinya secara langsung di toko fisik, karena Anda bisa langsung mencobanya. Namun, akan lain ceritanya bila Anda membeli baju yang dimaksud secara online, dimana Anda hanya bisa melihat fotonya dan keterangan produk yang diberikan oleh penjualnya saja. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda tanyakan secara detail pada penjual berapakah ukuran tepat dari produk yang dimaksud.

  1. Pilih Baju dengan Warna yang Tepat

Kalau masalah warna, sebenarnya Anda bisa langsung menyesuaikannya saja dengan selera Anda. Hanya saja yang perlu diperhatikan di sini adalah bila Anda melakukan senam tersebut di luar ruangan, sebaiknya Anda memilih yang berwarna cerah karena warna cerah cenderung tidak menyerap panas, sehingga ini tidak akan membuat Anda kepanasan. Tetapi bila Anda melakukan senam di dalam ruangan, Anda bisa memilih baju yang warnanya gelap. Namun, Anda bisa kok memadukan atasan baju senam yang terang dengan bawahan yang gelap, jadi, sekali lagi tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

  1. Pilih Baju dengan Bahan yang Elastis dan Bisa Menyerap Keringat

Selain Anda harus memperhatikan ukuran yang pas, Anda juga sebaiknya memperhatikan bahan yang digunakan untuk baju tersebut. Ada banyak ragam bahan yang biasa digunakan untuk membuat baju senam seperti kaos, spandek dan lain-lain. Pilihlah bahan yang menurut Anda elastis, artinya bisa mengikuti bentuk tubuh Anda, bisa melar namun tetap ketat di tubuh Anda. Ini akan membantu membuat Anda bisa bergerak dengan nyaman. Kemudian, elastis saja tidak cukup ya, sebaiknya Anda juga memilih baju yang bahannya mudah menyerap keringat supaya Anda tidak mudah merasa gerah.

  1. Pilih Baju dengan Bahan yang Berpori

Jika Anda tidak kuat dengan panas, sebaiknya Anda hindari baju dengan bahan dari plastik atau karet karena bahan tersebut akan membuat Anda semakin panas. Sebaliknya, Anda bisa memilih baju dengan bahan yang berpori seperti nilon supaya lebih nyaman saat digunakan. Untuk mengetahui yang satu ini, Anda bisa langsung menanyakannya pada penjualnya.

  1. Seleksi Model Baju Senam

Model baju senam sudah sangat bervariasi, ada yang modelnya biasa, ada yang bisa dipakai oleh anak-anak, ada yang buat laki-laki, ada pula baju senam wanita muslimah, ada yang model lengan panjang, model lengan pendek, model tanktop, model baju senam sporty dan lain-lain. Nah, saat memilih model baju seperti ini, Anda bisa menyesuaikannya dengan bentuk tubuh Anda. Mungkin, jika tubuh Anda sudah ideal, Anda bisa menemukan baju senam dengan mudah, namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, Anda juga tidak perlu khawatir kok, karena sekarang sudah banyak baju senam yang ukurannya besar.

Terkait model baju senam ini, ada beberapa tips khusus yang bisa Anda ikuti sesuai dengan kondisi fisik atau tubuh Anda, yaitu:

  • Untuk yang Berbahu Lebar

Jika bahu Anda lebar, sebaiknya Anda memilih baju senam yang terdapat detail pada bagian lehernya, seperti berbentuk V yang ditambah dengan kerutan. Atau bisa juga model kamisol ataupun singlet. Sebaiknya Anda hindari model baju senam yang bahunya tertutup atau lengannya menggembung karena model baju seperti ini akan memperjelas lebar bahu Anda.

  • Untuk yang Berbahu Sempit

Jika bahu Anda sempit, sebaiknya Anda pilih baju senam yang garis lehernya tebal, lengannya menggembung atau menggulung dan bila terdapat corak garis, sebaiknya pilih yang garisnya horizontal.

  • Untuk yang Berdada Besar

Bila dada Anda termasuk besar, sebaiknya Anda memilih baju senam yang modelnya blouse plus tshirt gombrong dan memiliki busa penyangga dada.

  • Untuk yang Berdada Kecil

Tetapi bila dada Anda termasuk kecil, Anda bisa memilih baju senam dengan model leotard dengan detail gather (atau selempang penahan), corak garis horizontal dan area leher dengan model V.

  • Untuk yang Badannya Panjang

Jika badan Anda termasuk panjang, itu artinya badan Anda termasuk ideal. Nah, supaya kesan ideal ini semakin kuat, Anda bisa menggunakan baju senam dengan ikat pinggang atau bisa juga model leotard dan tights dengan warna yang kontras. Upayakan agar bagian garis kaki tampak lebih tinggi dan garis lehernya lebih rendah.

  • Untuk yang Badannya Pendek

Jika badan Anda termasuk pendek, Anda bisa memilih baju senam model leotard dengan corak vertikal, atau bisa juga model blouse yang bisa memberikan kesan menurunkan garis pinggang. Kemudian upayakan supaya garis kakinya tidak tinggi karena ini justru akan membuat badan terlihat lebih pendek.

  • Untuk yang Pinggang dan Perut tidak Ramping

Selanjutnya, jika pinggang dan perut Anda tidak ramping, Anda bisa memilih model baju senam blouse yang longgar. Atau kalau tidak, Anda bisa memilih baju senam model standar namun ketat dengan plus tight. Lalu sebagai tambahan, gunakan atasan yang modelnya lilit atau wrap.

Kemudian, Anda bisa pula menyesuaikannya dengan jenis senam yang hendak Anda lakukan, misalnya, Anda hendak melakukan senam zumba, maka Anda bisa memilih baju senam zumba. Lalu bila Anda hendak melakukan senam aerobik, maka Anda bisa memilih baju senam aerobik, begitu pula bila Anda hendak melakukan jenis senam yang lainnya. Nah, aneka model baju senam ini sudah bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran karena sekarang sudah banyak yang menjualnya. Namun, sekali lagi, telitilah sebelum Anda membuat keputusan untuk membelinya, karena model yang bagus belum tentu nyaman saat dipakai.

Beberapa poin di atas bisa Anda jadikan pedoman saat Anda hendak memilih baju senam. Dengan Anda memilih baju yang tepat seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Anda bisa lebih nyaman dalam melakukan gerakan senam.

Dari beberapa hal di atas, Anda pasti sudah tahu bukan bahwa senam ini bukan hanya masalah gerakan saja, tetapi juga kenyamanan dan keamanan. Dengan memakai baju senam yang tepat sekalipun harganya murah, Anda bisa melakukan gerakan dengan lebih bagus sehingga manfaat dari gerakan senam yang Anda dapatkan juga lebih optimal.

Khusus untuk Anda para wanita yang gemar dengan olahraga ini, sebaiknya Anda melengkapi koleksi baju senam milik Anda dengan beberapa perlengkapan yang lainnya seperti sport bra. Sport bra adalah perlengkapan baju senam yang sepertinya mutlak harus Anda miliki, karena perlengkapan yang satu ini sangat bermanfaat sekali untuk melindungi payudara Anda dari goncangan yang bisa membuatnya terasa nyeri. Sport bra memang memiliki fungsi tersebut karena sport bra sudah didesain sedemikian rupa supaya bisa mendukung payudara agar tetap bisa berada di tempat yang nyaman. Perlengkapan lain yang harus Anda miliki adalah sepatu sport dan kaos kaki. Sepatu sport dan kaos kaki adalah perlengkapan baju olahraga wanita yang tidak boleh dilewatkan juga. Mengapa? Karena kedua benda tersebut adalah pelindung kaki supaya kaki tidak mudah cedera atau terluka. Fungsi dari sepatu sport dan kaos kaki ini bisa semakin optimal dengan pemilihan celana senam wanita yang tepat.

Kemudian, sebagai tambahan ilmu, mari coba bahas bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat baju olahraga termasuk baju senam, antara lain:

  1. Kain Paragon

Kain paragon adalah kain yang terbuat dari gabungan antara bahan polyester dengan bahan kaos serta campuran hyget. Bahan ini mampu memberikan rasa nyaman serta dingin di kulit serta lebih bisa menyerap keringat.

  1. Kain Spandek

Jenis kain yang kedua adalah kain spandek. Kain spandek memiliki ciri tekstur yang ringan, lentur dan mengkilat.

  1. Kain Lotto

Kemudian ada pula jenis kain yang lain yakni kain lotto. Kain lotto ini merupakan kain yang biasa digunakan untuk membuat training. Bahan kain ini halus dan teksturnya lembut, sehingga bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Saking nyamannya, celana yang dibuat dengan bahan ini bahkan sering juga digunakan untuk bersantai dan tidur di rumah.

  1. Kain Diadora

Nah, kalau jenis kain yang satu ini, juga biasa digunakan untuk dijadikan pakaian olahraga. Sifat utamanya adalah mengkilat saat tertimpa sinar matahari sehingga bisa menimbulkan kesan mewah sekalipun harga sebenarnya tidak terlalu mahal.

  1. Kain Dri Fit

Kain dri fit juga biasa digunakan untu membuat baju olahraga. Bahan ini merupakan susunan dari beberapa bahan sekaligus yaitu nilon, spandek dan polyester.  Sifatnya ringan namun juga dingin saat dikenakan. Meski bahan ini tidak menyerap keringat, namun itu tidak mengurangi tingkat kenyamanannya saat dipakai. Bahan dri fit ini ada yang permukaannya mengkilap dan ada juga yang tidak. Harganya memang lebih mahal, namun itu sebanding dengan tingkat keawetan dan juga kekuatan rajutan benangnya.

Setidaknya 5 jenis kain itulah yang biasa dijadikan bahan pembuatan baju senam dan bisa Anda pertimbangkan saat Anda hendak membelinya. Membeli baju senam grosir dan secara online jelas bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda jika hendak dikaitkan dengan penghematan biaya belanja. Pun demikian, Anda disarankan untuk tidak membelinya secara asal-asalan karena bisa-bisa Anda akan mengalami kerugian. Anda harus memilih toko online yang benar-benar terpercaya sehingga tujuan Anda menghemat biaya itu benar-benar bisa tercapai. Setidaknya beberapa hal di bawah ini bisa Anda perhatikan saat hendak membeli baju senam secara online, antara lain:

  1. Lakukan Survey Harga

Tak ada salahnya Anda melakukan survey harga terlebih dahulu supaya Anda benar-benar bisa mendapatkan harga termurahnya. Masalah harga ini sebenarnya bisa kita katakan relatif ya, karena harga juga dipengaruhi oleh lokasi penjual, bahan serta kualitas produk yang ditawarkan. Maka dari itu, sangat disarankan untuk Anda agar tidak mendekat pada toko online yang menawarkan harga murah, namun murahnya tersebut tidak wajar. Mengapa demikian? Karena bisa jadi, orang yang menjual produk tersebut adalah penipu, karena bagaimanapun harga akan menunjukkan kualitas.

  1. Pilih Toko Online yang Terpercaya

Setelah Anda menemukan harga termurah, selanjutnya lihat dulu apakah toko online dengan harga termurah tersebut adalah toko online yang terpercaya. Anda bisa mengetahui hal ini dengan cara bertanya pada teman, melihat websitenya atau bisa juga searching di google kaitannya dengan reputasinya. Cara singkat lainnya untuk mengetahui bahwa toko online bukanlah penipu adalah dengan melalui polisi online. Jadi, polisi online ini merupakan website yang melacak keaslian online shop serta bisa memberikan informasi tentang toko online tersebut. Anda hanya perlu memasukkan alamar online shop yang dimaksud dan polisi online pun akan langsung melacak keasliannya sehingga Anda bisa langsung melihat hasilnya.

  1. Pastikan Dulu Alamat dan Nomor Kontak yang Bisa Dihubungi

Setelah Anda berhasil menemukan harga termurah dan toko online yang dimaksud sudah pasti terpercaya, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memastikan alamat serta nomor kontak yang bisa dihubungi dari toko online yang Anda maksud. Kenapa ini penting? Supaya Anda tidak kesulitan untuk melakukan komplain bila ternyata nanti pelayanan dan produk yang Anda terima ternyata kurang sesuai.

  1. Mintalah Gambar Asli Produknya

Anda tahu kan bahwa gambar-gambar yang dipasang di toko online diambil oleh orang profesional dan telah mengalami berbagai ‘penyempurnaan’ di sana sini bukan? Nah, sebaiknya Anda jangan tertipu dengan gambar yang cerah dan cantik itu ya, karena bisa-bisa gambar tersebut menutupi ‘kebenaran’ produk aslinya. Supaya Anda tidak terjebak dengan hal ini, sebaiknya Anda minta gambar asli dari baju senam muslimah yang Anda maksud.

  1. Tanyakan Bahannya, Ukurannya dan Garansi

Sekalipun deskripsi bahan sudah disebutkan, tak ada salahnya loh Anda menanyakan kembali bahan tersebut sekalian untuk memastikan bagaimana pelayanan dari toko online yang dimaksud. Kemudian jangan lupa tanyakan ukurannya juga, karena masalah ukuran ini seringkali membuat seseorang merasa kecewa dan akhirnya kapok yang mau berbelanja secara online lagi.

Selanjutnya Anda bisa menanyakan garansi bila ternyata nanti barang yang Anda terima tidak sesuai dengan apa yang harapkan, terdapat cacat atau bahkan tidak sesuai dengan ukuran yang Anda minta.

  1. Fasilitas COD

Biasanya, toko online yang terpercaya akan memberikan fasilitas COD atau bayar di tempat. Fasilitas yang satu ini perlu Anda pertimbangkan dalam memilih toko online, karena sebenarnya fasilitas COD bisa memberikan keuntungan untuk Anda terutama kaitannya dengan memperkecil resiko penipuan dan Anda bisa mengecek produk yang Anda beli sebelum Anda membayarnya. Tetapi, perlu Anda tekankan pula bahwa toko online yang tidak memberikan fasilitas ini adalah toko online yang abal-abal, karena mereka pun juga memiliki alasan tersendiri kenapa mereka tidak menyertaannya, entah karena kesibukan atau yang lainnya.

  1. Upayakan untuk Anda Menggunakan Rekening Bersama

Sudah tahukah Anda bahwa fasilitas Rekening Bersama ini sedang booming? Ya, fasilitas ini bisa membantu Anda terjaga dari penipuan karena dalam terdapat 3 pihak yang terlibat yaitu, Anda sebagai pembeli, penjual dan pihak ketiga yang bisa kita sebut sebagai fasilitator. Nah, proses Rekening Bersama adalah begini, bila Anda membeli barang dan transfer uang untuk pembayarannya, maka uang tersebut tidak akan langsung diterima oleh pihak penjual melainkan akan dipegang terlebih dahulu oleh fasilitator atau pihak ketiga. Bila barang yang Anda pesan sudah sampai di tangan Anda, barulah fasilitator atau pihak ketiga ini meneruskan uang Anda ke penjual secara langsung. Jadi aman bukan?

  1. Perhatikan Testimoni yang Diberikan oleh Pembeli Sebelumnya

Selanjutnya adalah arahkan layar smartphone atau PC Anda pada kolom testimoni atau komentar. Ini akan membantu Anda untuk menilai apakah toko yang bersangkutan memiliki reputasi dan pelayanan yang bagus ataukah tidak. Selain dari testimoni, Anda bisa loh mencari referensi toko online yang terpercaya dari teman Anda yang sudah sering membeli baju secara online.

  1. Simpanlah Bukti Transaksi

Jika Anda sudah melakukan pembayaran, Anda sebaiknya menyimpan bukti transaksi supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, penjual tidak bisa menemukan transaksi atas nama Anda, maka Anda bisa langsung menunjukkan bukti transaksi yang Anda simpan tersebut.

Itulah hal-hal yang sebaiknya Anda ingat dengan baik terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk membeli baju senam secara online. Anda tidak ingin melakukan pembelian dengan cara online karena takut tertipu? Tak apa, Anda bisa mendatangi toko yang menjual baju olahraga yang ada di sekitar tempat tinggal Anda secara langsung. Apa ada tips yang bisa membantu dalam proses pencarian baju secara offline? Tentu saja ada, yuk simak poin-poin berikut ini:

  1. Pilihlah Toko yang Ramai

Toko yang ramai identik dengan toko yang memiliki banyak pelanggan. Anda bisa menjadikan hal ini sebagai patokan saat menyeleksi toko-toko yang menjual baju yang Anda inginkan. Jika toko tersebut memang memiliki banyak pelanggan, ini mengindikasikan bahwa tempat yang dimaksud itu bisa Anda percaya, baik dari segi kualitasnya maupun harganya.

Nah, untuk mengetahui tingkat keramaian toko ini, Anda bisa berjalan-jalan terlebih dahulu kemudian lakukan perbandingan pada beberapa toko yang menjual barang yang sama. Jika Anda masih bingung untuk menentukan hal ini, Anda bisa meminta bantuan atau rekomendasi dari teman, terutama teman yang sudah berpengalaman dalam membeli baju senam atau bisa juga dari senior di tempat senam yang Anda ikuti.

  1. Pilihlah Model Baju Senam TerbaruBaju Senam Terbaru

Model baju senam yang ada di pasaran sangat banyak, tak ada salahnya Anda bertanya pada penjual yang manakah model terbarunya.

  1. Tawar Menawar

Jika Anda merasa bahwa harga yang diberikan sudah cocok dan sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa langsung membayarnya. Tetapi jika Anda belum srek dengan harga yang diberikan, tawarlah harga tersebut dengan sewajarnya saja. Pastinya hal ini bisa Anda lakukan jika toko yang Anda datangi tersebut tidak menerapkan harga pas ya.

Berbelanja baju senam baik itu secara online maupun secara offline, Anda harus melakukannya dengan cermat supaya Anda bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan. Yang manakah yang lebih baik? Itu terserah kepada Anda, namun sebagai referensi, bolehlah Anda memeriksa kelebihan serta kekurangan toko online dan toko offline berikut ini:

  • Kelebihan Toko Online

Toko online sekarang menjadi pilihan banyak orang saat hendak berbelanja. Hal ini tentu tidak lepas dari berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh toko online, dimana diantaranya adalah harganya yang berani. Banyak toko online yang menawarkan produknya dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang ada di toko offline. Alasan utamanya adalah karena sekarang orang-orang sudah banyak yang mengetahui bahwa toko online tidak dikenakan pajak bangunan seperti toko offline. Kemudian dari segi persaingan harga juga mempengaruhi sehingga banyak toko online yang mengurangi keuntungannya demi bisa memberikan harga termurah kepada pelanggannya.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh toko online adalah waktu yang fleksibel. Sudah jelas kan bahwa berbelanja secara online bisa Anda lakukan kapan saja, di sela-sela kesibukan dan dimana saja.

Selanjutnya, sebagian besar toko offline memiliki produk dengan stok terbatas tetapi masih memungkinkan Anda untuk menemukan barang yang tidak bisa Anda temukan di toko offline.

  • Kekurangan Toko Online

Sedangkan kekurangan toko online bisa kita lihat dari jeda waktu pembayaran serta pengiriman barangnya. Jadi, sudah jelas setelah kita melakukan pembayaran kita harus menunggu selama beberapa waktu sebelum akhirnya barang tersebut sampai ke tangan kita.

Selanjutnya, saat melakukan pembayaran, kita tidak hanya diharuskan membayar harga barang yang dimaksud, tetapi kita juga akan dibebani oleh ongkos kirim. Semakin jauh lokasi toko online dari tempat Anda, maka semakin besar pula ongkos kirim yang harus Anda bayarkan.

Selain itu, resiko terjadinya kerusakan pada barang yang kita beli juga ada,  karena ini biasa terjadi saat proses pengiriman. Nah, kalau sudah terjadi kerusakan seperti ini, bila hendak melakukan penggantian, maka kita harus menunggu selama beberapa waktu lagi.

Resiko yang harus Anda tanggung saat berbelanja di toko online adalah kasus pembohongan atau penipuan. Ini jelas akan terjadi bila toko online yang Anda pilih adalah toko online yang kurang terpercaya. Dan untuk menghindarinya, Anda bisa memilih toko online yang terpercaya, memiliki reputasi yang baik dan banyak pembeli sebelumnya yang memberikan testimoni yang positif.

Selanjutnya ada kemungkinan juga barang yang akan Anda terima tidak sesuai dengan gambar yang tercantum di toko online tersebut.

  • Kelebihan Toko Offline

Adapun kelebihan toko offline yang paling tampak adalah bisa melakukan pengecekan barang secara langsung. Dengan begini, kita bisa memeriksa kualitas barang yang dimaksud terlebih dahulu sebelum kita membayarnya. Selain itu, toko offline juga memungkinkan kita untuk meminta saran kepada penjual atau staff toko bila kemudian kita bingung saat hendak memilih barang. Yang penting lagi, seseorang yang gagap teknologi juga bisa melakukan pembelian.

  • Kekurangan Toko Offline

Sedangkan bila kita berbicara mengenai kekurangan toko offline, sudah pasti yang bisa kita bicarakan pertama kali adalah waktunya. Jika pada toko online kita harus menunggu sampai barang yang kita beli sampai di tangan kita, maka di toko offline kita haruus datang secara langsung ke lokasi sehingga kita juga harus menyediakan waktu yang lumayan banyak untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Selain kita harus menyediakan waktu yang lumayan banyak, toko offline juga tidak buka sepanjang waktu, karena biasanya jam buka toko sangat terbatas dan tergantung pada kebijakan pemilik toko.

Selanjutnya, karena toko offline cenderung hanya ada di satu tempat, ini jelas menunjukkan bahwa lokasi toko offline itu terbatas sehingga bila kita menginginkan barang dari toko yang dimaksud maka kita harus datang ke sana.

Itu saja kelebihan dan kekurangan toko online dan toko offline. Jika Anda memang memiliki waktu yang cukup untuk jalan-jalan dan memeriksa barang seperti baju senam misalnya, maka Anda bisa memilih berbelanja di toko offline. Tetapi bila yang terjadi adalah sebaliknya, maka sudah pasti berbelanja di toko online adalah alternatif terbaik yang bisa Anda pilih.

Nah, setelah Anda berhasil mendapatkan baju senam yang Anda inginkan, apa yang Anda lakukan? Langsung memakainya untuk senam ataukah menyimpannya terlebih dahulu? Apapun yang Anda lakukan, pastikan bahwa Anda melakukannya dengan seksama ya supaya baju yang Anda punya itu bisa tahan lama.

Bila Anda langsung memakainya dan menggunakannya untuk senam, pastikan Anda langsung mencucinya. Usahakan agar Anda tidak menunda proses mencuci ini karena itu hanya akan membuat keringat menjadi menempel lebih lama di pakaian dan bisa meninggalkan bau. Tak hanya itu saja, baju senam yang tidak lekas dicuci juga menjadi tempat yang baik untuk bakteri dan jamur berkembang biak sehingga ini juga bisa menyebabkan baju menjadi lekas rusak. Namun, bila Anda memang belum sempat, sebaiknya angin-anginkan baju yang sudah Anda pakai tadi supaya keringat menjadi kering dan baju tidak lembab lagi.

mencuci baju senamSebelum Anda mencuci baju senam, pastikan bahwa Anda sudah mengerti bagaimana cara mencucinya terlebih dahulu, karena biasanya setiap baju senam yang dibeli akan diikuti oleh peringatan serta cara mencuci yang tepat. Kemudian, bila baju Anda masih berada dalam posisi yang benar, sebaiknya Anda balik terlebih dahulu sehingga bagian luarnya berada di dalam dan bagian dalamnya berada di bagian luarnya. Hal ini perlu dilakukan supaya warna baju menjadi tidak lekas pudar.

Nah, supaya baju senam Anda menjadi lebih awet lagi, yuk simak beberapa tips dalam mencuci baju tersebut di bawah ini:

  1. Rendam Baju Senam Anda

Jadi, Anda perlu melarutkan deterjen lembut terlebih dahulu untuk merendam baju tersebut. Proses perendaman ini hanya perlu Anda lakukan kira-kira selama 30 menit. Hindari merendam baju dalam waktu yang lebih lama apalagi sampai semalaman karena ini akan membuat tekstur baju menjadi rusak. Jangan menggunakan air panas dan jangan pula menggunakan pemutih ya

  1. Cucilah Secara Terpisah

Sebaiknya Anda mencuci baju senam secara terpisah dari pakaian lain terutama yang memiliki bau tajam ataupun bernoda kotor.

  1. Cuci dengan Menggunakan Tangan

Selanjutnya adalah cuci baju senam Anda dengan menggunakan tangan. Kenapa tidak menggunakan mesin cuci saja? Karena baju senam itu dibuat dari bahan yang relatif elastis dan lentur serta mengikuti bentuk tubuh, sehingga Anda harus menjaga sifat-sifat tersebut. Sedangkan bila Anda menggunakan mesin cuci, sifat-sifat tersebut bisa hilang karena baju bisa menjadi molor sehingga baju menjadi tidak nyaman lagi saat digunakan..

Kuceklah baju Anda dengan lembut dan gosokkan bagian-bagian yang renatan meninggalkan noda seperti selangkangan dan ketiak. Lalu bilaslah dengan air yang bersih dan pastikan bahwa semua sisa deterjen sudah hilang.

  1. Yang Harus Dilakukan saat Menjemur

Nah, setelah Anda merasa baju sudah bersih, selanjutnya Anda harus menjemurnya. Sekali lagi, jangan gunakan mesin pengering dari mesin cuci untuk mengeringkannya, tetapi lakukanlah secara manual, yakni dengan menggunakan bantuan sinar matahari secara langsung. Proses menjemur inipun lakukan dengan posisi yang tepat ya, jangan digantung. Nah, setelah Anda merasa baju tersebut sudah kering, segera angkat, jangan biarkan terlalu lama di bawah sinar matahari.

Itu saja tips yang bisa Anda ikuti saat mencuci baju senam milik Anda. Catatan penting lagi, jangan setrika baju itu ya, Anda cukup merapikannya dengan tangan saja sesegera mungkin setelah Anda mengangkatnya dari jemuran. Setelah itu lipatlah dan simpanlah di dalam lemari langsung. Hindari menyimpan baju dalam kondisi digantung karena tindakan ini akan membuat bagian bahu menjadi mudah molor karena menahan beban lebih.

Bukan hanya tips mencuci saja, masih ada tips lain yang bisa menunjang keawetan baju senam wanita Anda, yaitu sebaiknya Anda memiliki baju lebih dari satu pasang supaya Anda bisa memakainya secara bergantian terutama jika Anda rutin melakukannya. Karena bila Anda menggunakan baju yang sama dengan intensitas yang sering, ini akan membuatnya lekas rusak, belum lagi jika Anda merasa bosan dengan warna dan modelnya. Jadi, sebaiknya Anda memiliki 2 pasang atau lebih baju ya.

Oke, demikian saja tulisan mengenai berbagai hal yang perlu Anda ketahui mengenai baju senam. Pastikan Anda menaruh perhatian pada barang-barang yang Anda punya termasuk baju khusus untuk senam ini supaya Anda bisa memakainya dalam waktu yang cukup lama. Semoga bermanfaat.

Testimoni

Semua Testimoni

Recent Comments

    089644277608
    089644277608
    52786C4B
    089644277608